Kamis, 27 Agustus 2009

Waktu Imsak Yang Dipertanyakan

Banyak juga kawan-kawan di Qatar bertanya-tanya mengapa di jadwal Ramadhan di Qatar tidak ada waktu imsak. Bahkan banyak yang meragukan pentingnya imsak. Imsak yang dimaksud disini sebagaimana kita ketahui di Indonesia adalah waktu berhenti makan sebelum waktu Subuh tiba yaitu sekitar 10-15 menit sebelum subuh.
Al-Imam Al-Bukhari rahimahullah mengatakan dalam Shahih Al-Bukhari:

بَابُ قَدْرِ كَمْ بَيْنَ السُّحُوْرِ وَصَلاَةِ الْفَجْرِ

“Bab perkiraan berapa lama waktu antara sahur dengan shalat fajar”. Maksudnya (jarak waktu) antara selesainya sahur dengan permulaan shalat Fajar. (Fathul Bari, 4/164)
Dan hal ini sebagaimana telah diterangkan oleh Al-Imam Al-Bukhari rahimahullah dalam Shahih Al-Bukhari pada kitab Tahajjud, dari Anas bin Malik radiyallahu ‘anhu, beliau ditanya:

كَمْ كَانَ بَيْنَ فَرَاغِهِمَا مِنْ سُحُوْرِهِمَا وَدُخُوْلِهِمَا فِي الصَّلاَةِ؟ قَالَ: قَدْرُ مَا يَقْرَأُ الرَّجُلُ خَمْسِيْنَ آيَةً
“Berapakah jarak waktu antara selesainya Nabi shallallahu alaihi wasallam dan Zaid bin Tsabit radiyallahu ‘anhu makan sahur dengan permulaan mengerjakan shalat (subuh)? Beliau menjawab: ‘Seperti waktu yang dibutuhkan seseorang membaca 50 ayat (dari Al Qur`an)’.”
Al-Hafizh Ibnu Hajar rahimahullah (wafat 852 H) dalam Fathul Bari (4/164) menyebutkan: “(Bacaan tersebut) bacaan yang sedang-sedang saja (ayat-ayat yang dibaca), tidak terlalu panjang dan tidak pula terlalu pendek, dan (membacanya) tidak cepat dan tidak pula lambat”.Bila kita sebutkan dengan catatan waktu maka kira-kira jarak antara keduanya 10-15 menit.

Namun boleh saja apabila kita terpaksa makan-minum dalam waktu tersebut asalkan pada waktu masuk subuh sudah tidak ada lagi makanan tersisa di mulut kita, karena waktu puasa sesungguhnya dimulai dari terbit fajar/waktu subuh hingga terbenam matahari. Waktu imsak hanya sebagai pengingat dan membuat kita lebih waspada. Bukanlah akhlak Rasulullah saw dan para sahabat ra pada waktu subuh tiba masih asyik dengan hidangan makanan didepannya, sehingga telat pula menuju masjid untuk menunaikan subuh berjama’ah.

Jadi jangan sampai tertipu dengan perkataan sebagian minoritas yang membid’ahkan imsak sebelum subuh. Wallahu a’lam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar